Pengantar

 

JpegSebenarnya sebelumnya pembuatan kamus Simalungun-Indonesia ini sudah saya mulai dua tahun lalu, atas kesediaan Kamusiana.com memberikan slot/tempat bagi bahasa Simalungun. Entry kata-kata sudah mencapai 2.500 kata. Namun karena kemudian mengalami gangguan tidak dapat saya teruskan, sehingga akhirnya saya memutuskan membuat sendiri disini.

Disiplin ilmu saya bukan bahasa. Tapi saya terinspirasi ayah saya, yang dengan tekun menterjemahkan kata-demi kata dalam Alkitab kedalam bahasa Simalungun selama belasan tahun. Saya juga terinspirasi sejumlah misionaris asing yang justru juga menjadi penyusun kamus bahasa daerah dimana mereka melayani.

Kamus ini saya harapkan menjadi kamus bertumbuh, yang dimungkinkan karena setiap orang dapat memberikan sumbangan pendapat termasuk koreksi. Dan setiap masukan koreksi atau masukan baru akan terbukan dan terdokumentasi disini. Dipersilahkan menyampaikan koreksi dan masukan.

Sebagai seorang biolog, saya juga ingin kalau nama-nama tanaman dan khewan dapat dilengkapi dengan nama ilmiah(Latin)-nya. Sehingga menambah nilai informasi kamus ini, yang tentu berguna lebih banyak orang.

 

Marhaposan Agustinus Purba